Viral! Video Seorang Ibu Di TikTok Ajarkan 3 Hal Yang Tidak Boleh...

Viral! Video Seorang Ibu Di TikTok Ajarkan 3 Hal Yang Tidak Boleh Dikatakan Pada Anak

246
Video Seorang Ibu Di TikTok Ajarkan 3 Hal Yang Tidak Boleh Dikatakan Pada Anak

Seorang Ibu bernama Destini Ann mengunggah sebuah video di TikTok tentang tiga hal yang tidak pernah dikatakan pada anak-anaknya. Tidak disangka, videonya ini pun viral dengan ditonton lebih dari 4 juta orang. Destinijuga mengajarkan cara baru untuk orang tua dalam membimbing sang anak.

@destini.ann3 things I never say to my kids ! ##positiveparent ##momtips ##mominspiration ##adviceformoms ##peacefulparenting ##parenttips

♬ original sound – Destini Ann

Sebagai orang tua, tentu masing-masing mempunyai caranya tersendiri dalam mendidik anak. Nah, mungkin cara dari content creator, Destini Ann bisa Anda tiru Cosmoners soal pola asuh positif terhadap anak.

Destini Ann mengatakan ada tiga prinsip yang selalu ditanamkan dirinya sebagai orang tua dalam menghadapi anak. Tiga hal ini berupa kata-kata yang tidak pernah dikatakan pada anak-anaknya. Destini menganggap bahwa kata-kata bisa memberikan dampak buruk dibanding tindakan.

Hindari Kalimat “Aku orang dewasa, kamu masih anak kecil”

Video Seorang Ibu Di TikTok Ajarkan 3 Hal Yang Tidak Boleh Dikatakan Pada Anak

Kata-kata “Aku orang dewasa, kamu masih anak kecil.” tidak pernah dikatakan oleh Destini Ann kepada anak. Meskipun ia adalah anak kita, namun dalam hal ini Destini tidak membangun otoritas dengan mengandalkan perbedaan usia atau karena ia orang tua maka sang anak harus mendengarkan.

Sebagai gantinya, Destini mengganti kata-katanya dengan “Kamu bisa percaya pada Mamah. Mamah janji. Mamah mendukungmu.”

Berhenti Katakan “Berhenti Menangis!” Pada Anak

Video Seorang Ibu Di TikTok Ajarkan 3 Hal Yang Tidak Boleh Dikatakan Pada Anak

Kata-kata selanjutnya yang dilarang diungkapkan oleh Destini Ann kepada anak adalah jangan menangis. Ia menyadari bahwa menyuruh anak untuk berhenti menangis tidak lah efektif, padahal di satu sisi orang dewasa pun sering menangis.

Jika sang anak menangis, Destini berkata “Sayang, kenapa kamu menangis?” atau “Oh kamu menangis, apa yang kamu mau?”. Hal ini akan membantu orang tua untuk mencarikan solusi agar sang anak berhenti menangis.

Hindari Kata “Bagus” Ketika Anak Menyelesaikan Tugas

Video Seorang Ibu Di TikTok Ajarkan 3 Hal Yang Tidak Boleh Dikatakan Pada Anak

Apabila sang anak menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan, jangan hanya sekedar mengucapkan kata “bagus” saja. Hal ini dikatakan oleh Destini tidak begitu berdampak dan bermakna bagi anak.

Coba gunakan pada hal spesifik  seperti alasan orangtua bangga karena mereka melakukannya. Hal ini akan membangun hubungan yang lebih kuat antar dia dan anaknya karena menunjukkan pada si kecil orangtua benar-benar memperhatikan mereka atas apa yang sudah dikerjakan.

Baca Juga : Vaksin Pfizer Dapat Digunakan untuk Anak Usia 12 Tahun ke Atas

Cara-cara ini bisa Anda praktekan kepada anak di rumah, Cosmoners! Selamat mencoba.

 

Penulis : Rifqi Fadhillah

Share it

LEAVE A REPLY