Yuk lihat dan rekam pesona kawah Gunung Ijen!

Yuk lihat dan rekam pesona kawah Gunung Ijen!

1063
Sunrise at Kawah Ijen, panoramic view, Indonesia

Cosmoners ada rencana mendaki gunung lagi? Namun pilihannya gunung yang tidak terlalu ekstrem? Bila ada, kami rekomendasikan objek wisata kawah Gunung Ijen yang berada di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur.

Kawah Gunung Ijen merupakan salah satu kawah dengan tingkat keasaman terbesar di dunia. Di balik keasamannya yang bisa melarutkan tubuh manusia dengan cepat, pesona kawah ini sungguh luar biasa lho!

Untuk mencapai puncak dan Kawah Gunung Ijen, dibutuhkan perjalanan selama dua jam dengan jarak tiga kilometer dari pos akhir Patuding melalui jalan setapak yang berpasir.

Kawah Ijen volcano, Java, Indonesia
Kawah Ijen volcano, Java, Indonesia

Setelah menanjak selama dua jam, rasa lelah pasti akan sirna ketika Anda melihat pesona kawahnya yang berwarna hijau tosca dipadu biru langit dan hutan hijau di sekelilingnya.

Jika Anda tiba di atas Gunung Ijen pada pagi hari, Anda bisa menikmati pesona kabut tebal yang menyelimuti pepohonan. Serta merasakan dinginnya udara di atas gunung yang bahkan suhunya bisa mencapai 2 derajat celcius. Kebayang kan sensasinya ketika berada di puncak Gunung Ijen?

Selain pesona dari kawah Ijen, Anda juga bisa menemukan pesona tanaman-tanaman yang hanya bisa tumbuh di dataran tinggi yaitu “bunga abadi” yang biasa disebut Edelweiss dan cemara gunung.

Fenomena alam lain yang ada di Kawah Gunung Ijen adalah Blue Fire, yang muncul di tengah-tengah penambangan sulfur dan hanya bisa disaksikan pada malam hari hingga sekitar pukul 5 subuh.

Fenomena Blue Fire hanya terjadi di Kawah Ijen dan Islandia. Tak heran, Blue Fire sangat diburu para wisatawan asing maupun dalam negeri.

Dengan berbagai pesona alamnya yang luar biasa, tak heran Kawah Ijen tak pernah sepi pengunjung. Untuk mendaki Gunung Ijen dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 2.000,00 untuk wisatawan domestik dan Rp 15.000,00 untuk wisatawan mancanegara.

Bagi pendaki yang kelelahan, jangan takut! Karena di pos akhir Paltuding, terdapat penginapan sederhana seharga Rp 100 ribu permalam atau villa tiga kamar seharga Rp 500 ribu per malam. Dari penginapan, Anda tinggal naik ke kawah Gunung Ijen menunggu pagi hari.

Nah saat terbaik untuk mendaki gunung Ijen adalah pukul 05:00 sampai 06:00 pagi. Karena, pesona pagi di puncak Gunung Ijen sungguh luar biasa dan sayang jika dilewatkan!

Jangan lupa membawa baju tebal, dan tentu kamera foto ya Cosmoners!

Untuk lebih tahu tentang beragam Pesona Indonesia, ikuti media sosial berikut:

Facebook: Indonesia.Travel
Instagram: @indtravel
Twitter: @indtravel
YouTube: Indonesia.Travel
Google +: Indonesia.Travel

Share it